Pengertian Kepemimpinan Transformasional

Oleh: M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang


Pengertian kepemimpinan transformasional
Istilah kepeimpinan transformasional terdiri dari dua suku kata yaitu kepemimpinan (leadership) dan transformasional (transformastion) . Adapun istilah transformasional berinduk dari kata to trasform yang bermakna mentransformasikan atau mengubah sesuatu menjadi menjadi bentuk lain yang berbeda. Misalnya mentransformasikan visi menjadi realita, panas menjadi energi, potensi menjadi aktual, laten menjadi manifes dan sebagainya. Transformasional karenanya mengandung makna sifat-sifat yang dapat mengubah sesuatu menjadi bentuk lain, misalnya mengubah energi potensial menjadi energi aktual atau motif berprestasi menjadi prestasi riil. Sudarman melanjtukan dengan mengutip Lethwood dkk. mengemukakan bahwa:
Transormational leadership is seen to be sesitive to organization building developing shared vision, distributing and building school culture neccessary to curent restructuring effors in schools.

Kepemimpinan transormasional sangat sesitiv untuk membangun organisasi dengan mengembangkan visi bersama, mendistribusikan, dan membangun budaya sekolah yang diperlukan untuk memberikan dorongan restrukturisasi di sekolah.

Pendapat lainnya mengatakan bahwa:
Trasformasional leaders posses good visioning, rethorical, and impreration management skills, ang they use these skill to develop strong emotional bond with follower. Transformational leaders belived to ber more sucsesful at driving organazational change because of followers heightenid emotional level and their willingnes to wor toward the accomplisment of leaders vision.

Pemimpin trasformasional memiliki visi, retorika yang baik, dan pengembangan keterampilan manajemen, mereka menggunakan keahlian ini untuk mengembangkan ikatan emosional yang kuat dengan para pengikut. Pemimpin transformasional mempunyai keyakinan sukses untuk mengarahkan perubahan organisasi, karena pengikutnya mempunyai tingkat emosional tinggi untuk mewujudkan visi kepemimpinannya.

Kutipan ini menggariskan bahwa kepemimpinan transformaional menggiring SDM yang di pimpin ke arah tumbuhnya sensitivitas pembinaan dan pengembangan organisasi, pengembangan visi secara bersama, pendistribusian kewenangan kepemimpinan, dan membangun kultur oraganisasi. Pendapat berikutnya akan memberikan kesimpulan bahwa kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang mampu mengkomunikasikan visi sehingga menimbulkan emosi yang kuat dari para pengikutnya untuk menggapainya sehingga perubahan akan terus-menerus terjadi.

Rujukan:
1. Sudarman Danim, Menjadi Komunitas Pembelajar (kepemimpinan Transformasional Dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran), (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), hal. 53-54
2. Ricard L Hughes dkk, Leadership Enhancing tehe Lesson of Experience, (New York, Hill Compinies, 2002), hal. 416

Sumber: www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.arminaperdana.blogspot.com, www.kmp-malang.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: