Visi, Misi dan Tujuan Sekolah Unggul

Sekolah modern/unggul didasari oleh visi bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang bermuara kepada tujuan pembangunan nasional memerlukan usaha-usaha yang sistematis, terarah dan intens dalam menggali dan mengembangkan potensi manusia Indonesia secara maksimal sehingga dapat menjadi bangsa yang maju, sejahtera, damai, dengan berdasarkan Pancasila, serta dihormati dan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain dalam percaturan global.

Berdasarkan landasan awal tersebut maka visi madrasah tsanawiyah modern/unggul meliputi tiga karakteristik yaitu; populis, Islam dan berkualitas. Visi populis mengisyaratkan bahwa madrasah tsanawiyah harus senantiasa memikirkan dan melibatkan diri sepenuhnya pada kepentingan masyarakat sekelilingnya.

Visi islami adalah sebagai konsekuensi bahwa madrasah adalah sekolah umum yang berciri khas Agama Islam, maka cara memandang sistem pendidikannya baik ditinjau dari masukan, proses, luaran dan hasil harus menggunakan pendekatan yang islami dalam arti memuat nilai-nilai Islam. Sedangkan pengembangan kualitas secara terus menerus harus selalu menjadi arah setiap pengambilan keputusan dan penentuan kriteria keberhasilan lembaga ini beserta komponennya terutama kelembagaan. Kurikulum/sistem pembelajaran, tenaga kependidikan, iklim madrasah serta keterlibatan orang tua siswa dan masyarakat.

Berdasarkan visi tersebut, maka misi madrasah sebagai sekolah unggul adalah meningkatkan dan mengembangkan potensi sumberdaya manusia yang populis, Islami dan berkualitas sebagai subjek pembangunan dalam mencapai tujuan nasional melalui lembaga pendidikan.

Acuan dasar dari tujuan umum sekolah unggul adalah tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam GBHN dan UUSPN yaitu menghasilkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggungjawab, produktif, sehat jasmani dan rohani, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, kesetiakawanan sosial, kesadaran akan sejarah bangsa dan sikap menghargai pahlawan, serta berorientasi masa depan.

Berdasarkan acuan dasar secara umum tersebut, maka secara khusus dapat dirumuskan bahwa sekolah modern/unggul bertujuan untuk menghasilkan keluaran pendidikan yang memiliki keunggulan dalam hal keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, wawasan Iptek yang mendalam dan luas, motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan, kepekaan sosial dan kepemimpinan serta disiplin yang tinggi dan ditunjang oleh kondisi fisik yang prima.

Dipublikasikan Oleh:
M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang

Sumber:
www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.kmp-malang.com www.arminaperdana.blogspot.com, http://grosirlaptop.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: