Prinsip dan Manfaat Manajemen Mutu


Pada hakekatnya prinsip dasar manajemen mutu pendidikan menurut Hendyat Soetopo, (2007) terletak pada kepuasan pelanggan pendidikan, penekanan pada proses berfungsinya setiap komponen secara sistematik, komitmen personal untuk meningkatkan mutu pendidikan dan akuntabilitas.

Namun secara spesifik berdasarkan pengertian mutu pada bagian pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen peningkatan mutu (MPM) ada beberapa prinsip yang mendasar diantaranya:
(a) peningkatan mutu harus dilaksanakan di sekolah;
(b) peningkatan mutu hanya dapat dilaksanakan dengan adanya kepemimpinan yang baik;
(c) peningkatan mutu harus didasarkan pada data dan fakta baik bersifat kualitatif maupun kuantitatif;
(d) peningkatan mutu harus memperdayakan dan melibatkan semua unsur yang ada di sekolah; dan
(e) peningkatan mutu memiliki tujuan bahwa sekolah dapat memberikan kepuasan kepada siswa, orang tua dan masyarakat.

Selain itu Juran berpendapat, bahwa meraih mutu merupakan proses yang tidak mengenal akhir, perbaikan mutu merupakan proses berkesinambungan, bukan program sekali jalan, mutu memerlukan kepemimpinan dari anggota dewan sekolah dan administrator, pelatihan masal merupakan persyaratan mutu, dan setiap orang di sekolah/madrasah harus mendapatkan pelatihan

Dipublikasikan Oleh:
M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang

Sumber:
www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.kmp-malang.com
www.arminaperdana.blogspot.com
, http://grosirlaptop.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: