Sejarah UMM Dome Malang

Seiring dengan pesatnya perkembangan kampus UMM, diperlukan tempat dengan daya tampung yang besar dan representatif untuk berbagai macam kegiatan Indoor yang bertaraf Nasional dan Internasional.Pada akhir tahun 1997 UMM mulai membangun tempat berlantai dua dengan daya tampung 3.000 Orang. Lantai dasar untuk auditorium dan laboratorium fakultas teknik, lantai dua untuk ruang serba guna yang dilengkapi dengan arena dan tribun tempat duduk. Lokasi bangunan tersebut tepatnya di sebalah Barat dari pusat kampus.

Pembangunan GSG UMM (Gedung Serba Guna Universitas Muhammadiyah Malang) tersebut diawali dengan pembersihan lahan dan diteruskan dengan pemasangan pondasi dan kolom-kolom penyangga bangunan. Dalam proses pembangunannya, daya tampung sebesar 3.000 Orang dirasa kurang dan perlu penambahan kapasitas menjadi 5.000 Orang. Sehingga penambahan kapasitas diakomodasi dengan penambahan jumlah tribun tempat duduk dan membuat tribun lantai dua. Pada bulan April tahun 2000 pembangunan GSG UMM dilanjutkan dengan membangun atap gedung. Tanggal, 10 Maret 2001 GSG UMM sudah digunakan untuk Wisuda Sarjana S1, S2 dan Diploma 3 Periode II Tahun 2000.

Pada tahun 2003 tata kelola GSG UMM amanahkan kepada LK-UMM (Lembaga Kebudayaan Universitas Muhammadiyah Malang) dengan Dra. Sugiarti,M.Si. sebagai pimpinan dan Ir. Suyatno, M.Si sebagai sekretaris dibantu beberapa Crew sebagai tenaga pembantu umum. Agar lebih mudah dalam penyebutan nama dan lebih mudah di kenal masyarakat, nama GSG UMM berganti menjadi UMM Dome sesuai dengan bentuk atap yang berbentuk bundar atau kubah. Untuk pertama kalinya pada tahun 2003, UMM Dome digunakan oleh pihak luar dengan tampilnya Orkes Sinten Remen dari Jogjakarta, konser musik Dewa19, Ari Lasso dan Ketoprak Siswo Budoyo dari Tulungagung.Dikarenakan terdapat gema suara, UMM Dome mengalami perbaikan untuk suara akustik dengan membangun atap plafont dan lantai dari kayu. Setelah perbaikan suara akustik UMM Dome selesai, tanggal, 27 April 2004 UMM Dome digunakan untuk pagelaran Wayang Kulit dalam rangka hari ulang tahun Universitas Muhammadiyah Malang yang ke 40.

Pada pertengahan tahun 2004, tata kelola UMM Dome dipegang oleh BAU-UMM (Badan Administrasi Umum-Universitas Muhammadiyah Malang). Tanggal, 18 Juni 2004 UMM Dome mengundang beberapa Artis Ibu Kota al: Krisdayanti-Anang dan Erwin Gutawa Orkestra untuk dapat tampil di UMM Dome dalam acara konser musik “Cahaya”.

Tanggal 24 Juni 2005 UMM Dome diresmikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Drs. Muhadjir Effendy, M.AP. Pada tanggal, 03-08 Juli 2005 UMM Dome digunakan untuk kegiatan Muktamar Muhammadiyah & Aisyiyah Ke 45. Pertengahan bulan November 2005, tata kelola UMM Dome diamanahkan kepada Ir. Suyatno, M.Si. sebagai Manager dan Drs. Herman Yulianto, MM. sebagai Sekretaris, dibantu beberapa Crew sebagai Staf dan tenaga pembantu umum. UMM Dome dikelola secara mandiri dan profesional dibawah manajemen Universitas Muhammadiyah Malang. Dengan mengutamakan pelayanan kepada pemakai, UMM Dome dapat dengan cepat dikenal oleh masyarakat luar terutama untuk dunia hiburan. Berdirinya Event Organizer (EO) dengan nama UMM Enterprise pada tanggal, 18 Januari 2006, semakin membuat UMM Dome ramai dengan kegiatan. UMM Enterprise berhasil mengundang artis Ibu Kota, Agnes Monica untuk tampil di UMM Dome pada tanggal, 31 Mei 2006 dan tidak jarang UMM Enterprise menjadi Local Organizer dari perusahaan dan instansi yang menyelenggarakan acaranya di UMM Dome.

Di bidang dunia hiburan, hampir semua artis lokal dan nasional sudah pernah tampil di UMM Dome. Artis bertaraf internasional yang pernah tampil di UMM Dome al: Mike Tramp (eks vocal “White Lion” grup band asal Amerika), The Exploited (Grup Band legendaris musik “Punk Rock” asal Inggris), Caliban (Grup Band aliran “Hardcore” asal Jerman) dan Walls of Jericho (Grup Band aliran “Hardcore” asal Detroid, Michigan, Amerika) semakin membuat nama UMM Dome menjadi dikenal di tingkat internasional terutama didunia hiburan. Dapat tampilanya berbagai macam aliran musik di UMM Dome menunjukan pengelolaan yang profesional, proaktif, kreatif yang inovatif dalam menjalankan tata kelola UMM Dome.

Dikarenakan pada awal tahun 2009 Pimpinan UMM Dome mendapat tugas lain dari kampus untuk mengelola dan menempati lembaga baru, untuk sementara tata kelola UMM Dome dikendalikan oleh BAU-UMM. Pada tanggal, 20 November 2009 Rektor UMM menunjuk Ir. Hari Eko Meiyanto, MT. untuk menempati jabatan sebagai pimpinan pengelola UMM Dome dibawah manajemen Universitas Muhammadiyah Malang.

Sumber: http://dome.umm.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: