Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah

Pertimbangan utama dalam menentukan keberhasilan kepala sekolah adalah bagaimana sebuah sekolah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Keberhasilan kepala sekolah tidak dapat terlepas dari berbagai pengaruh, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Tetapi keberhasilan kepala sekolah dan keberhasilan sekolah-sekolah mereka berkaitan erat.
Stogdill dalam Wahjosumidjo (2002: 493) berpendapat bahwa ciri-ciri keberhasilan kepemimpinan yang ada pada dasarnya juga merupakan penampilan dari kepemimpinan kepala sekpolah, secara garis besarnya dirasakan, diamati ada tidaknya beberapa indikasi sebagai berikut : 1) Dorongan yang kuat untuk bertanggung jawab dan penyelesaian tugas; 2) Penuh semangat dan tekun di dalam meyakinkan tujuan; 3) Berani mengambil risiko dan mengambil keputusan 4) Berusaha untuk berlatih, berpikir ke dalam situasi masyarakat;
5) Percaya diri dan memiliki identitas kepribadian; 6) Keinginan kuat untuk menerima konsekuensi keputusan dan tindakan; 7) Tahan uji dalam menghadapi tekanan akibat hubungan antar pribadi; 8) Kemampuan untuk bersabar dalam nenghadapi kegagalan dan penundaan; 9) Kecakapan untuk mempengaruhi perilaku orang lain; 10) Kemauan unutk menciptakan sistem hubungan kemasyarakatan di dalam mencapai tujuan.
Seperti yang dikemukakan oleh Holpin dalam Wahjosumidjo (2002), apabila keberhasilan sebuah sekolah harus dinilai secara tepat, maka keberhasilan tersebut harus diartikan : 1) Keterkaitannya dengan perubahan di dalam perilaku; 2) Hasil perubahan perilaku dari individu atau kelompok, seperti para administrator, guru-guru, tenaga fungsional yang lain dan para siswa.
Dengan demikian sekolah dikatakan berhasil, selalu mengacu ke dalam dua bagian yaitu : 1) Keberhasilan organisasi yang mencakup berbagai variabel, seperti : produktivitas, biaya pendidikan, adopsi atau pemakaian inovasi, dan tingkat keberhasilan para siswa. 2) Keberhasilan organisasi yang meliputi berbgai variabel, seperti : perasaan puas dari staf, dan para siswa, motivasi dan semangat kerja.
Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpilkan bahwa indikator utama yang dipakai di dalam menentukan keberhasilan sebuah sekolah adalah tingkat perubahan tercapainya tujuan organisasi atau sekolah dan pembinaan sumber daya
manusia.

Ditulis oleh:
M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
http://kabar-pendidikan.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: