Beasiswa S2 Double Degree dari UI & University of Canberra

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Faculty of Information Sciences and Engineering, University of Canberra (ISE-UC) menyediakan beasiswa double degree bagi mahasiswa terpilih.

Program double degree ini merupakan program pendidikan vokasi yang bertujuan mengembangkan lulusan master untuk tenaga pengajar politeknik, khususnya bidang Teknologi Informasi (TI) terapan. Para peserta program beasiswa ini akan dibiayai sepenuhnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Peserta program akan menempuh masa studi dua tahun. Tahun pertama perkuliahan ditempuh di Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia (MTI-UI). Tahun berikutnya, peserta menempuh studi di Master of Information Technology University of Canberra (MIT-UC) termasuk untuk penyelesaian tesis/karya akhir. Namun, program ini bukanlah program terminal, sehingga lulusan program ini berhak untuk melanjutkan ke jenjang doktoral.

Pelamar harus terdaftar sebagai dosen atau calon dosen politeknik negeri atau swasta dengan usia tidak lebih dari 40 tahun. Mereka harus memiliki ijazah S-1 atau D-IV pada bidang Ilmu Komputer/Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, maupun bidang-bidang lain yang terkait seperti Teknik Elektronika dan Matematika.

Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang disyaratkan ialah 2,75. Pelamar juga harus mengantongi nilai TOEFL (boleh institusional) minimum 500 atau nilai IELTS minimum 5.0.

Peserta yang diterima adalah mereka yang lulus seleksi yang diselenggarakan UI. Dan mereka harus sudah meraih nilai IELTS minimal 6,0 sebelum berangkat ke University of Canberra pada tahun kedua.

Selain biaya kuliah dan biaya hidup, para penerima beasiswa akan mendapatkan akses internet dan email, akses ke laboratorium komputer, akses perpustakaan dan jurnal online, serta berbagai fasilitas yang diberikan oleh Universitas Indonesia dan University of Canberra. Alumnus program double degree ini akan mendapatkan gelar Magister Teknologi Informasi dari UI dan Master of Information Technology dari University of Canberra.

Pendaftaran dilakukan secara online pada 3-24 Juni 2011 melalui situs http://penerimaan. ui.ac.id. Pilihlah program studi Magister Teknologi Informasi. Ujian saringan dijadwalkan pada 3 Juli 2011 dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA) serta Kemampuan Bahasa Inggris.

Selain melakukan pendaftaran secara online, peserta juga diwajibkan untuk mengirim Surat Ketertarikan mengikuti program Joint Degree ini ke Sekretariat Program Joint Degree MTI UI-UC dengan alamat:

Sekretariat Program Joint Degree MTI UI-UC

Program Studi Magister Teknologi Informasi (MTI)
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Gedung Pusat Ilmu Komputer
Jalan Salemba Raya 4, Jakarta Pusat, 10430

Para calon pendaftar perlu memperhatikan ketentuan berikut. Dosen tetap Politeknik Negeri/Swasta silahkan mendaftar program beasiswa BPPS untuk tahun pertama perkuliahan di UI (http://beasiswa.dikti.go.id/bpps) dan dan beasiswa Pendidikan S2/S3 Luar Negeri untuk tahun kedua di University of Canberra (http://beasiswa.dikti.go.id/).

Sementara, calon dosen politeknik bisa mendaftar program beasiswa Unggulan Dikti. Informasi beasiswa unggulan Dikti bisa dilihat di laman http://beasiswa.dikti.go.id/bu.

Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan melalui bagian Humas Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dengan alamat email: humas@cs.ui. ac.id, telp: 021-7863419, atau menyimak laman http://mti.cs.ui.ac.id.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: