Pengaruh Lingkungan dengan Semangat Kerja

Dewasa ini peran lingkungan kerja sangat penting dalam dunia kerja baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Karyawan akan memiliki motivasi bekerja serius didukung oleh lingkungan kerja yang kondusif. Kebutuhan akan kenyamanan bekerja telah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam bekerja.

Seperti yang telah dikemukakan di atas bahwa untuk mendapatkan semangat dan motivasi kerja yang besar diperlukan adanya lingkungan kerja yang kondusif. Suatu organisasi baik publik maupun swasta selalu menggunakan sumber daya manusia untuk pencapaian tujuanya tanpa memperhatikan keinginan karyawannya. Ketidak stabilan organisasi dalam proses pencapaian tujuan seringkali menyebabkan karyawan tidak ada semangat dalam bekerja.

Karyawan akan mampu melaksanakan pekerjaanya dengan baik sehingga dicapai hasil yang maksimal apabila diantaranya ditunjang oleh kondisi lingkungan kerja yang sesuai. Pimpinan perusahaan harus peka terhadap keinginan para karyawannya. Seperti yang dikemukakan oleh Hasibuan, yaitu:

“Motivasi yang diberikan hanya merupakan fasilitas-fasilitas yang mendukung serta menunjang gairah kerja/kelancaran tugas, sehingga para karyawan betah dan bersemangat melakukan pekerjaanya. Misalnya lingkungan kerja yang baik dan penempatan karyawan yang tepat” (Hasibuan, 1996:226).

Dari pendapat di atas dapat dikatakan bahwa dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung akan mempermudah karyawan dalam melaksanakan tugasnya dan hal ini akan berpengaruh terhadap peningkatan semangat kerja para karyawan. Adapun pendapat Ahmad Tohari mengemukakan:
“Dari beberapa hal yang dapat mengebabkan penurunan produktivitas, seperti menurunya semangat kerja, gairah kerja dan kepuasan kerja, maka agar penurunan produktivitas dapat dicegah dengan dua hal pokok yaitu desain lingkungan fisik dan sosial harus diperhatikan” (Tohardi, 2002:136).

Dari uraian tersebut di atas menunjukan bahwa lingkungan kerja mempunyai pengaruh dengan semangat kerja. Salah satu cara untuk meningkatkan semangat kerja adalah dengan desain lingkungan kerja yang diinginkan karyawan. Ketenangan, keamanan akan membantu karyawan dalam pemecahan masalah. Lingkungan kerja yang telah disesuaikan dengan keinginan para karyawan akan membuat semangat kerja yang kooperatif. Kreativitas dan inisiatif dalam bekerja sangat dibutuhkan bagi perusahaan, hal tersebut akan menunjang terhadap produktivitas kerja. Jika para karyawan mempunyai semangat kerja yang tinggi maka perusahaan dapat mencapai tujuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: