Artikel Pembelajaran: Efisiensi Penggunaan Metode Belajar

Pendekatan belajar atau kiat melaksanaka pendekatan serta metode belajar merupakan salah satu faktor yang mendukung untuk meningkatkan keberhasilan siswa.

Sering terjadi seorang siswa yang memiliki kemampuan ranah cipta (kognitif) yang lebih tinggi dari teman-temannya, ternyata hanya mampu mencapai hasil seperti teman-temannya yang lain. Bahkan bukan hal yang tabu bila suatu saat siswa yang cerdas mengalami kemerosotan prestasi sampai ketitik rendah dari prestasi temannya yang berkapasitas rata-rata.

Sebaliknya, seorang siswa yang sebenarnya hanya memiliki kemampuan ranah cipta rata-rata atau sedang, dapat mencapai puncak prestasi yang memuaskan, karena menggunakan pendekatan belajar yang efisien dan efektif.

Metode secara umum diartikan sebagai suatu cara atau pendekatan yang dipakai atau dipilih seseorng untuk mewujudkan suatu tujuan yang telah ditetapkan. Metode atau metoda berasal dari bahas Yunani yaitu metha dan hodos. Metha berarti cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan beberapa ahli mendefinisikan metode sebagai berikut :

  • Muhmmad Atiyah Al-Abrasyi mengartikan metode sebagai jalan yang harus kita ikuti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Abdul Rahman Ghunaimah mendefinisikan metode sebagai cara praktis untuk mencapai tujuan tertentu

Jadi secara singkat yang dimaksud dengan metode adalah cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan, khususnya kegiatan penyampaian materi pelajaran kepada siswa.

Namun berbeda dengan strategi mengajar, metode dalam pengajaran tidak langsung berhubungan dengan hasil belajar yang dikehendaki. Ini artinya bahwa jika di bandingkan dengan strategi, metode dianggap sebagai konsep yang lebih luas dari strategi. Gagasan ini tidak berarti mengurangi signifikansi metode mengajar. Misalnya dalam menggunakan metode ceramah, strategi guru ang digunakan untuk menarik perhatian siswa mungkin berupaya menyampaikannya kisah lucu yang sekaligus merupakan contoh yang berfungsi sebagai pelengkap uraian topik yang sedang ia sajikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: