Beasiswa Khusus Wilayah Indonesia Timur

Kementerian Pendidikan Nasional bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelontorkan dana Rp 8 miliar untuk Beasiswa Nusantara Cerdas bagi putra daerah di Indonesia wilayah timur. Ayo, raih kesempatan berharga ini!

Beasiswa ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya dari daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. Padahal, di sana ditemukan tidak sedikit pemuda-pemuda bertalenta unggul, tapi karena kondisi pendidikan yang kurang baik, akhirnya tidak dapat diberdayakan secara optimal. Belum lagi jika dilihat dari tingginya jumlah pengangguran dari tahun ke tahun.

Oleh karena itu, sambutlah kesempatan emas ini. Terutama Anda yang datang dari wilayah Indonesia bagian timur. Menurut Direktur Utama Bank BRI, Sofyan Basir, kerjasama yang bertajuk Program Beasiswa Nusantara Cerdas ini merupakan sebuah kerjasama mutualisme antara pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Nantinya para penerima beasiswa ini akan menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi di pulau Jawa. Seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Beasiswa yang ditawarkan mencakup biaya pendidikan selama mengikuti program sarjana, biaya asrama dan biaya hidup sarjana sebesar Rp 1.800.000,- per bulan, kemudian biaya transportasi dari daerah ke perguruan tinggi (sekali), uang saku (transport lokal, fotokopi, buku) sebanyak Rp 500.000,- per bulan.

Selain itu, juga ada bantuan biaya pengadaan laptop, biaya pengembangan diri sebesar Rp 5.000.000,- (maksimal) dan Biaya penelitian sebesar Rp 2.000.000,-. Insentif dosen pendamping sebesar Rp 500.000,- per bulan, serta ada juga biaya asuransi kesehatan serta asuransi pendidikan.

Para pemohon beasiswa harus mengumpulkan seluruh berkas-berkas persyaratan untuk menjadi penerima beasiswa ini. Caranya dengan mengisi terlebih dahulu formulir pendaftaran beasiswa unggulan secara online. Formulir dapat diunduh di beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id

Setelah itu, lengkapi segala persyaratan yang telah ditentukan, seperti melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir serta para pemohon berasal dari wilayah timur Indonesia yaitu Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara, dan juga seleksi administrasi.

Seleksi administrasi ini meliputi kelengkapan dokumen, keabsahan ijazah dan transkrip nilai serta nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 36,00. Setelah semuanya selesai barulah calon penerima beasiswa diperbolehkan untuk mengikuti wawancara yang bertempat di Bank BRI terdekat. Pendaftaran Beasiswa Unggulan dibuka mulai tanggal 1 Januari 2011 s.d. 31 Desember 2011./Shodiq-Salim

Informasi Lebih Lanjut:
Sekretariat Beasiswa Unggulan
Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
Sekretariat Jenderal, Kemdiknas
Jl. Jenderal Sudirman Kemdiknas Ged.C Lt.6
Jakarta – 10270
Telp: (021) 573 111 44 ext 2616, Fax: (021) 573 9290
http://www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id

sumber:http://www.majalahgontor.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: