Dasar-dasar Pendidikan Islam

Dasar adalah suatu landasan untuk melaksanakan setiap usaha dan kegiatan, maka dari itu pendidikan merupakan kegiatan yang esensial dilakukan oleh setiap insan dan juga sebagai alat untuk mendewasakan manusia dengan melalui pemikiran yang jernih. Adapun Dasar-dasar tersebut dapat ditinjau dari:
1. Dasar dari segi Yuridis atau hukum
Yaitu; dasar-dasar pelaksanaan pendidikan agama yang berasal dari peraturan perundang-undangan yang secara langsung atau tidak langsung dan dapat dijadikan pegangan didalam pendidikan Islam, seperti peraturan UU No 20/II/2003.
2. Dasar Agama
Yang dimaksud adalah dasar-dasar yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Menurut ajaran Islam bahwa melaksanakan pendidikan Agama adalah, merupakam perintah dari Tuhan dan merupakan ibadah kepadanya.
Didalam Al-Qur’an landasan pendidikan diambil dari kisah Luqman mengajari anaknya, cerita tersebut mengharuskan perinsip materi, pindidikan yang terdiri dari masalah ahlaq, Ibadah, sosial dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu pendidikan harus menggunakan Al-Qur’am sebagai sumber utama dalam merumuskan berbagai teori tentang pendidikan Islam. Allah berfirman:
اادع الى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة وجدلهم بالتى هي أحسن ان ربك هو اعلم بمن ضل عن سبيله وهواعلم بالمهتدين (الايه)
Artinya; ajaklah kepada Agama Tuhanmu denga cara yang bijaksana dan dengan nasehat yang baik (QS. An Nahl: 125).
Dan juga dalam hadits:
Artinya: Dari Abu Hurairah ra Rasulullah bersabda Tidakkan seorang anak dilahirkan dalam keadaan putih bersih, maka kedua orangtualah yang menyebabkan anak itu manjadi Yahudi, Nasrani dan Musrik (HR Muslim).16
3. Dasar dari segi sosial psikologi
maksudnya; bahwa manusia dalam hidupnya selalu membutuhkan pegangan hidup yaitu Agama. Agama mempuyai fungsi dan peranan yang tidak ternilai dalam kehidupan manusia. Mereka akan merasa tenang dan tentram hatinya kalau meraka dapat mendekat dan mengapdi kepada Tuhan yang maha Esa. Hal ini sesuai dengan firmannya:
Artinya : ketahuilah hanya dengan iagat kepada Allah, hati akan menjadi tentram 17.
Dari peryataan Firman tersebut diatas diharapkam pendidikan Islam dapat mendidik mayarakat serta mengarahkan anak kejenjang yang Islami dan anak didik juga diharapkan mengamalkan pelajaran yang telah didapat dibangku sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: