Pengertian Internet

Internet sebenarnya mempunyai banyak pengertian, salah satu dari pengertian tersebut adalah jaringan yang terdiri dari jutaan komputer dan server yang memanfaatkan jaringan telepon untuk membawa informasi dari satu tempat ke tempat yang lain, (MBR Consulting, 1995). Jadi dengan adanya internet memungkinkan seorang mahasiswa dengan dosennya dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka, dan seorang presiden dari bumi belahan timur tidak harus pergi kebumi belahan barat hanya untuk melakukan meeting dengan presiden dibumi belahan barat. Dan karena hal inilah internet disebut sebagai media super jaringan (supernetwork). Didalam melaksanakan fungsinya sebuah komputer harus mempunyai sebuah modem (modulator demodulator), modem inilah yang nantinya menghubungkan komputer melalui telepon atau alat komunkasi lainnya dengan modem lain yang terhubung dengan suatu jaringan lokal (LAN), dan fungsi modem itu sendiri adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya sehingga dapat melalui saluran telepon. Host (LAN) meneruskan ke router, Router adalah perangkat yang menghubungkan sejumlah (LAN) dan meneliti sebuah permintaan yang diterimanya untuk menentukan kebagian mana permintaan itu ditujukan.
Berdasarkan hubungan-hubungan yang tersedia dan situasi lalu lintas di bagian lain dari internet router akan menentukan rute yang terbaik untuk menentukan sebuah permintaan agar dapat dengan cepat sampai tujuannya.Dan yang awal berupa (LAN) sekarang telah berkembang menjadi (WAN) Wide Area Network yang melayani daerah yang lebih luas.
Untuk menghubungkan sebuah Host (komputer yang dimasukkan kesebuah jaringan) diperlukan yang namanya provider, provider ini menghubungkan antara pengguna internet satu dengan lesead line atau dial up, provider itu sendiri merupakan perusahaan jasa sebut saja ISP (Internet Service Provider). Dan menurut data yang ada di APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) di Indonesia ada 46 perusahaan yang mendapat ijin sebagai penyedia jasa internet, namun hanya 35 ISP yang sampai saat ini masih aktif. Setelah semua perangkat tersedia maka dengan mudah seseorang akan memperoleh segala informasi yang di inginkan dan tentunya itu melalui internet.
Dengan adanya internet diharapkan nantinya pelaksanaan otonomi daerah yang banyak mengalami hambatan dapat di minimalkan, internet yang dapat ditempatkan sebagai sumber informasi dan media untuk mensosialisasikan otonomi daerah akan menjadi sarana yang tepat untuk melakukan lebih menyingkapi segala fenomena otonomi daerah tentunya dengan segala fasilitas atau sarana yang ada di internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: