Tips Agar Facebook Anti Hack/Bobol

Hari ini saya ingin berbagi tips untuk kalian yang sedang menggunakan fasilitas sosial di internet. Jujur, saya sedang kesal karena beberapa waktu yang lalu akun Facebook saya telah dihack. Tapi untung orang yang nge-hack itu ngga ngacak” email saya, mungkin mereka lupa ya jadi bisa saya dapatkan lagi akun saya itu dengan segera.

Kebetulan, beberapa bulan yang lalu saya diminta untuk membuka Facebook teman saya yang dihack, saya coba betulkan dan untungnya bisa didapet lagi. Nah, dari kejadian itu saya menemukan beberapa tips yang mungkin bisa kalian gunakan untuk mempertebal pertahanan privasi digital anda.

Nah, untuk kalian yang ingin privasi kalian aman dari para hacker kita review tipsnya berikut ini:

Pertama, segera ganti settingan email kalian. Biasanya para hacker memanfaatkan fasilitas Forgot Password yang ada di setiap halaman login. Mereka bisa melihat alamat email sang korban dari info yang kalian tuliskan di profil kalian kemudian membuka alamat provider yang menyediakan email tersebut, misalnya yahoo.com. Di sana mereka melakukan hal yang sama, yaitu memanfaatkan fasilitas Forgot Password yang disediakan disana. Mereka memasukkan password sang korban dan meminta untuk mereset password email agar mereka bisa membuka email konfirmasi dari Facebook.

Nah, disini pengaturan yang harus kalian ubah adalah, Membuat pertanyaan keamanan. Buatlah pertanyaan keamanan, usahakan gunakan fasilitas untuk membuat pertanyaan sendiri dan usahakan seunik mungkin agar hanya anda saja yang tahu jawabannya. Coba kalian lihat contoh ini:

Dimanakah kota ayah anda dilahirkan?
dengan
Apa password yang saya gunakan untuk masuk ke akun FB saya?

Nah, dari dua pertanyaan di atas, yang mana yang menurut kalian paling sulit ditebak? Untuk itulah, kalian harus meubah pertanyaan keamanan dengan pertanyaan sendiri sehingga para hacker sulit untuk memprediksi jawabannya.

Pertanyaan keamanan berguna untuk memverifikasi akun jika Anda kehilangan akses ke akun tersebut.

Bagaimana menambahkan pertanyaan keamanan pada akun Facebook dari halaman Pengaturan Akun:

  • Klik menu akun di atas di bagian atas kanan setiap halaman Facebook dan pilih Pengaturan Akun.
  • Dari menu kolom kiri, klik Keamanan.
  • Klik bagian Pertanyaan Keamanan dan ikuti langkah-langkahnya. Catatan: Anda tidak akan melihat bagian ini jika telah memasukkan pertanyaan keamanan sebelumnya.

Lihat gambar berikut:


Saran untuk memilih pertanyaan keamanan yang baik:

  • Pilih satu pertanyaan dan jawaban yang dapat Anda ingat
  • Jaga kerahasiaan pertanyaan keamanan Anda
  • Pastikan jawaban Anda cukup spesifik agar tidak dapat ditebak dengan mudah


Selain membuat pertanyaan, buatlah email cadangan untuk akun email anda. Biasanya, sebelum provider email anda menanyakan pertanyaan rahasia, email cedangan lah yang menjadi pertahanan pertama yang membentengi akun email anda. Pastikan untuk email cadangan anda tidak diketahui siapa pun, termasuk pasangan anda sekali pun.

Kedua, ubah privasi di akun anda. Jangan tampilkan informasi pada profil anda secara lengkap kepada teman anda karena jika infomasi yang anda berikan sangat lengkap dan sesuai dengan data kalian, para hacker dapat dengan mundah untuk mempersempit kemungkinan gagalnya.

Ketiga, jangan terlalu banyak mengunggah foto atau informasi yang bersifat rahasia di akun Facebook anda. Saran saya, cukup anda dan teman-teman didunia nyata anda saja yang tahu tentang data pribadi anda untuk mencegah hal yang lebih serius kedepannya, jadi kalo terlanjur ada yang nge-hack ga akan jadi beban fikiran . Karena disana ga ada apa-apa yang menyangkut privasi, santai aja dan tinggal bikin yang baru.

Nah, itu beberapa tips yang bisa yasa berikan ke kalian. Mungkin trik di atas tidak menjamin sepenuhnya akun anda untuk tidak bisa dibobol tapi setidaknya, trik diatas bisa membuat sipembobol lebih sulit untuk menembus benteng pertahanan akun kita. Dan yang terpenting, selalu berhati-hati dalam menggunakan fasilitas internet.

Tambahan:

1. Jangan pernah mengumbar alamat email secara berlebihan. Khususnya dengan orang-orang yang belum kita kenal.

2. Sembunyikan alamat email yang berada di kotaj informasi facebook anda.

3. Jangan mudah percaya dengan orang-orang yang baru anda kenal dengan cara tidak nge’add dan meng’approve orang-orang tersebut.

4. Kalau anda online di warnet, jangan lupa bersihkan cookies anda !

5. Berhati-hatilah ketika kita dikasih suatu link yang tujuannya belum kita ketahui dan jangan langsung klik link tersebut.

6. Selalu bersikap baik dengan teman-teman facebook yang kita punyai. Karena kebanyakan yang nge-hack facebook itu teman facebook kita sendiri.

sumber:
http://prince7en.blogspot.com/2012/02/tips-facebook-anti-hack.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: