Pembelajaran Kelompok Pola Acak

Pembelajaran kelompok dengan pola acak adalah pembelajaran kelompok dengan ketentuan setiap kelompok anggotanya ditentukan secara acak atau diundi. Dimana anggota kelompok ini berbeda-beda tingkat intelegensinya. Kebanyakan siswa yang lebih pandai biasanya mendominasi kelompok sehingga tidak terjadi interaksi antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai dalam suatu kelompok.

Efek perbedaan status terjadi ketika anggota yang berstatus sosial tinggi mengendalikan, sedangkan efek geng pada tugas terjadi ketika anggota-anggota kelompok mereka memutuskan mereka ingin menghindari kerja dan memberikan sedikit usaha dalam rangka menyalesaikan tugas. Efek lain yang teramati yaitu pembagian strategi pemecahan  masalah dan ketidakmampuan yang imbas sosial yang di dalamnya terdapat perasaan individu yang tidak dapat mengerjakan sesuatu karena perilaku anggota lainya. Efek-efek semacam ini harus diwaspadai guru yang menerapkan kerja kelompok dalam pembelajarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: